Hasil Survey Online :)

   Assalamu'alaikum..^^
   Kali ini saya akan memaparkan hasil dari survey online yang telah saya lakukan beberapa waktu yang lalu dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan. Dari survey ini, saya menggunakan 66 responden dalam pengisiannya. Nah, saya mengambil topik mengenai "Ketertarikan Mahasiswa Psikologi angkatan 2011 terhadap Online Survey dibandingkan dengan Survey secara Langsung". Dalam hal ini, saya menanyakan tujuh buah pernyataan, yaitu:

1. Sebelumnya, Anda sudah pernah diajari Bagaimana cara menggunakan Online Survey
    Yes  : 19,70%
    No  :  80,30%

2. Penjelasan yang disampaikan Dosen mengenai Online Survey sudah cukup jelas
    Yes  : 74,24%
    No  : 25,76%
 
3. Awalnya, anda merasa kesulitan dalam penggunaan Online Survey 
    Yes  : 86,36%
    No  : 13,64%

4. Menurut Anda Online Survey ini lebih mudah daripada Direct Survey (Survey Langsung)
    Yes  : 75,38%
    No  : 24,62%

5. Hasil dari Online Survey ini lebih akurat daripada Direct Survey
    Yes  : 57,58%
    No  : 42,24%

6. Dibandingkan dengan Direct Survey, Online Survey lebih sedikit yang menggunakannya dalam penelitian
    Yes  : 80,30%
    No  : 19,70%

7. Dengan menggunakan Online Survey ini, saya mendapatkan banyak pelajaran/sesuatu yang baru yang sebelumnya belum pernah saya ketahui
    Yes  : 100%
    No  : 0%

    Nah, dari hasil survey di atas, dapat disimpulkan bahwa Online Survey yang sebelumnya belum pernah dipelajari/digunakan oleh kebanyakan mahasiswa Psikologi angkatan 2011, ternyata memang mereka nyatakan awalnya sulit dalam penggunaannya, namun karena Dosen pengampu telah menjelaskannya dengan cukup jelas, mereka pun mulai tertarik dalam penggunaan Online survey ini karena dari hasil tersebut dapat kita lihat bahwasannya banyak yang menyatakan Online Survey ini lebih mudah dan lebih akurat hasilnya daripada Direct Survey (Survey Langsung). Walaupun pada kenyataannya, kebanyakan dari mereka menyatakan lebih banyak yang menggunakan Direct Survey dalam sebuah penelitian daripada Online Survey ini. Selain itu, bagi mereka Online Survey ini telah memberikan banyak pelajaran/sesuatu yang baru kepada mereka.

Testimoni :

  Dalam melaksanakan tugas Survey Online ini, sungguh membutuhkan semangat yang gigih dalam penyelesaiannya karena selain dituntut membuat beberapa pertanyaan dalam survey ini, kita juga dituntut untuk terus aktif di jejaringan sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya dengan tujuan agar mendapatkan partisipasi dari teman-teman angkatan dalam pengisian survey ini. Awalnya memang terasa sulit dalam menggunakannya namun, ketika sudah menguasai tekniknya, kemudahan itu pun datang :) Saya dapat saling bertukar informasi dengan teman saya mengenai penggunaan Survey Online ini.
  Nah, cukup senang juga dengan survey saya ini, karena bisa mendapatkan responden yang lebih dari yang ditentukan..Alhamdulillah..:) Senang yang kedua, berkat Survey Online ini, kami seangkatan jadi bisa semakin akrab satu sama lain..Semoga keakraban itu tidak hanya pada saat ini saja, tetapi seterusnya ^^






Comments

Popular posts from this blog

Teori Intelegensi James Mckeen Cattell

Istrimu Adalah Tulang Rusuk Yang "Bengkok" dan Suamimu Bukanlah Malaikat

Kumandang Adzan